06 September 2011

806 PNS Banyuwangi Dimutasi

 Banyuwangi Watu dodol02

Kilas Sumberayu- Pada hari pertama kerja setelah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri selama 9 hari, sebanyak 806 pegawai negeri sipil (PNS) di kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, langsung dimutasi. Pelantikan massal terhadap PNS yang dimutasi tersebut digelar dalam dua tahap di Pendopo Sabha Swagata.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Pada tahap pertama, sebanyak 397 PNS eselon II dan eselon III dilantik sekitar pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Sedangkan tahap kedua, pelantikan 409 PNS eselon IV rencananya akan digelar pada pukul 14.00 WIB.

Mutasi massal itu dilakukan menyesuaikan perubahan organisasi perangkat daerah. Terdapat sejumlah dinas baru, yakni Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perairan, dan Dinas Koperasi dan UKM.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan seluruh PNS yang menduduki jabatan baru harus mampu menyesuaikan dengan program Bupati. Apabila dalam 6 bulan gagal berprestasi, maka Pemerintah Daerah akan melakukan mutasi. “Evaluasi secara berjenjang akan kita lakukan dalam enam bulan,” kata Bupati usai pelantikan, Senin, 5 September 2011.

Kalau PNS di Pemkab Banyuwangi banyak yang masuk kantor, justru sebagian besar anggota Dewan banyak yang membolos. Hanya enam dari 50 anggota DPRD yang masuk kantor.

Wakil Ketua DPRD Adil Ahmadiyono membenarkan kalau hanya 6 anggota DPRD yang masuk kantor. Sedangkan terhadap sebagian besar anggota yang bolos kerja, kata dia, kemungkinan masih ada yang silaturahmi dengan kerabat dan melakukan tugas dinas di luar kantor.

Adil menambahkan, banyaknya anggota yang bolos karena memang belum ada agenda kerja di DPRD. “Seminggu ini agenda kita masih kosong,” katanya. (TEMPO Interaktif)


Artikel Terkait

Home