28 November 2015

HKN Ke-51 Di Sumberberas



Kilas Sumberayu- 12 November adalah  Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) dan tahun ini perayaan  yang ke -51. Di kabupaten  Banyuwangi ( selain lomba- lomba ) yang sekarang  dilaksanakan di desa Sumberberas tanggal 15 November 2015. Kegiatan saat itu diantaranya: jalan sehat dan bakti sosial.

Acara tersebut dibuka oleh ( plt ) Bupati Banyuwangi Bapak Drs. Zarkasi, M.Si. Kepala dinkes Banyuwangi ( plt ) dr.Wiji Lestariono yang akrap disapa dengan dr. Rio bersama seluruh pegawai kesehatan se Banyuwangi serta masyarakat setempat mengikuti jalan sehat, dengan start dari lapangan Sumberberas ke arah Selatan sampai pkm Sumberberas kemudian ke Timur,  sampai daerah Watu Gede ke Utara, sampai perempatan Pak Mungin ke Barat hingga  ke start lagi.

Mulai dari depan balai desa Sumberberas hingga daerah Watu Gede kondisi jalan sangatlah nyaman, oleh karena aspal korea. Ketika rute Watu Gede sampai sebelum start lagi ( sebagai finis ) jalan masih tanah dan berdebu. Tetapi pada jalan yang kurang nyaman tersebut, masyarakat sekitar peduli dan menghibur peserta jalan sehat. Mereka kompak ikhlas memberi suguhan minuman dan makanan khas desa sekedarnya yang ditaruh dekat jalan yang diletakkan di atas meja, yang munkin peserta jalan sehat merasa haus atau ingin mengisi perut seperlunya bisa mengabilnya dengan geratis kata pak Yudiono, salah satu peserta jalan sehat.

Mendekati finis seperti biasa, para panitia memberi kesempatan bagi para peserta untuk mengumpulkan kupon yang sudah disiapkan sebelumnya untuk diundi pada akhir acara. Tetapi sayangnya peserta banyak yang tidak mengumpulkan kupon sebagai undian oleh karena capek sehingga putus di tengah jalan atau kurang sabar segera pergi sampai tiba dibacakan undian penyerahan hadiah.

Untuk acara bakti sosial diselenggarakan penyuluhan dan pengobatan geratis kompak oleh IDI ( Ikatan Dokter Indonesia ), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia ) dan IBI ( Ikatan Bidan Indonesia ) cabang Banyuwangi yang bertempat di puskesmas Sumberberas.

Untuk para operator dan panitia Baksos dianjurkan siap langsung di tempat yang sudah disediakan agar tidak lelah saat melaksanakan tugas bakti sosialnya, himbauan dari drg. Sri Istiyantini dokter gigi pkm Sumberberas yang saat itu menjadi ketua Bakti Sosial dari PDGI.

Nana Ono


Artikel Terkait

Home