03 November 2017

Bagaimana Menjelang Gebyar HKN 2017 Di Wilayah Banyuwangi


 (gambar: Yogi)

HKN (Hari Kesehatan Nasional). Hari tersebut jatuh pada setiap tanggal 12 November. Sebelumnya berawal dari sebuah keberhasilan pemberantasan penyakit malaria pada tahun 1959 era kepemimpinan presiden RI pertama Ir. Soekarno. Sejak saat itu setiap tahunnya diperingati sebagai Hari kesehatan Nasional dengan tujuan memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan pada masyarakat Indonesia. 

Pada tahun 2017 ini di kabupaten Banyuwangi puncak perayaannya pada hari minggu besok tanggal 5 November di pantai Mustika Banyuwangi. 

Sejak tanggal 1 November kemarin sampai hari puncak perayaan sudah dimulai berbagai macam lomba. Lomba -lombanya diantaranya: bola volly, balap klompen, tarik tambang, balap karung, senam cerdik, video kreatif promosi kesehatan, karaoke dan lomba mewarnai. Peserta lombanya adalah: Dinas Kesehatan Banyuwangi, peserta gabungan puskesmas wilayah kecamatan, RSUD/RS Swasta/KLinik sekabupaten Banyuwangi, Stikes Banyuwangi, UB Cluring dan Aper/Akbid Rustida Krikilan. Kecuali lomba mewarnai diikuti oleh anak TK/Paud wilayah setempat.

Dengan dilaksanakan peringatan HKN di Banyuwangi tahun ini bertujuan: Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan rasa kebersamaan, meningkatkan jiwa yang sportifitas melalui kegiatan olah raga dan permainan. Sehingga kegiatan tersebut bermanfaat membudayakan masyarakat untuk beraktifitas fisik dengan berolah raga yang merupakan salah satu indikator kegiatan pengendalian terhadap penyakit.

Selain lomba, untuk mengoptimalkan acara dan suguhan serta manfaat hingga tidak melupakan tujuan beberapa hari sebelumnya segala macam persiapan dimatangkan. Pemasangan banner untuk memperjelas gebyar, persiapan Bakti Sosial IDI ( Ikatan Dokter Indonesia) dan PDGI ( Persatuan Dokter Gigi Indonesia ), Kreatifitas - kreatifitas IIDI ( Ikatan Istri Dokter Indonesia ) dan kordinasi melibatkan bidan dan perawat dengan masyarakat wilayah Banyuwangi serta masih banyak yang belum bisa dipaparkan, sekelumit cerita  dr. Y. Roni Satrio Kepala puskesmas Siliragung yang saat ini sebagai ketua panitia HKN.

Nana Ono



Artikel Terkait

Home