01 Januari 2014

Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan ke Banyuwangi


Garuda Indonesia Airline yang merupakan maskapai nasional ini akhirnya mengikuti jejak Wings Air yang telah membuka jalur penerbangan Surabaya-Banyuwangi. Garuda Indonesia akan melakukan penerbangan tanpa penumpang umum (ferry flight) dari Jakarta menuju Bandara Blimbingsari, Banyuwang. Selanjutnya, rute baru Garuda Indonesia Surabaya-Banyuwangi akan mulai terbang reguler pada Maret 2014. Pesawat yang digunakan adalah ATR72-600.

"Garuda Indonesia membuka rute ke Banyuwangi. Ini semakin mempermudah aksesibilitas. Aksesibilitas ini penting untuk mengundang wisatawan dan investor, sehingga ekonomi lokal bergerak," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu (1/1/2014).

Anas mengatakan, aksesibilitas adalah kunci untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah. "Makin banyak maskapai yang masuk Banyuwangi ini juga menunjukkan ekonomi daerah kami bergerak maju, ditopang sektor agribisnis, pariwisata, dan industri," tuturnya.

Pada 2011, jumlah penumpang di Bandara Blimbingsari Banyuwangi adalah 3.000 orang. Pada 2012 terjadi lonjakan penumpang hingga 24.000 orang. Saat ini terminal Bandara Blimbingsari mempunyai luas 240 meter persegi.

"Bandara Blimbingsari mulai tahun ini kami bangun dengan konsep hijau, tanpa AC kecuali di ruang tertentu. Kami tidak ingin meniru kota-kota lain yang membangun bandara besar penuh kaca namun cost-nya tinggi. Kami bikin berkonsep hijau, sehingga orang nyaman. Operasional juga efisien serta membantu terciptanya keberlanjutan lingkungan," jelasnya.

Tahun 2014 ini akan dibangun terminal baru seluas 3.500 meter persegi di Bandara Blimbingsari. Demikian pula, panjang runway telah diperpanjang menjadi 1.800 meter. Tahun ini, tingkat ketebalan landasan akan ditingkatkan dari 12 PCN (pavement classification number) menjadi 17 PCN sehingga bisa didarati pesawat Boeing 737-200. (dikutip dari detiknews)

Artikel Terkait

Home