10 Desember 2014

LSM Gerakan Rakyat Mandiri Santuni Yatim dan Fakir Miskin


Bertempat di Balai Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM GeRaM) memberikan Bantuan Sembako terhadap 50 Fakir Miskin yang ada diwilayah Kecamatan Muncar, serta 80 Anak yatim. Sebagian besar penerima bantuan tersebut adalah warga Desa Sumberberas Kecamatan Muncar. Hal ini disampaikan Ketua LSM GeRaM Syafa'at, SH, MHI dalam sambutanya.

Sekretaris Desa Kedungrejo mewakili Kepala Desa Kedungrejo menyampaikan rasa terima kasih atas Kegiatan santunan yang dilaksanakan diwilayahnya, hal ini mengingat selama ini yang didengar dari masyarakat, yang namanya LSM adalah sebuah organisasi yang biasanya mencari cari kesalahan orang lain, sehingga membuat takut seseorang. Dan Imam Rudianto selaku Sekretaris Desa  Kedungrejo berharap agar LSM lainnya juga meniru kegiatan yang dilakukan oleh LSM GeRaM.

Beberapa orang sempat meneteskan air mata ketika salah satu penerima Santunan yang mewakili peserta santunan lainnya disebutkan berasal dari Aceh yang saat ini dirawat oleh warga Desa Sumberberas.
Novan, Siswa kelas IV MI Islamiyah ini kedua orang tuanya adalah korban bencana Tsunami tahun 2005, Novan dan beberapa temannya yang yatim piyatu saat ini dirawat beberapa warga yang ada diwilayah Desa Sumberberas.selain Novan, masih ada beberapa anak korban Tsuami Aceh yang ada di Desa Sumberberas.

Ketua LSM GeRaM, Syafa'at, SH, MHI menyatakan bahwa kegiatan semacam ini sudah tahun yang kedua yang dilakukan lembaganya, pada tahun sebelumnya kegiatan hanya terfokus diwilayah Desa Sumberberas, dan untuk tahun ini bisa mencakup 10 Desa yang ada diwilayah Kecamatan Muncar. adapaun dana yang diperoleh Lembaga ini  berasal dari perorangan maupun lebaga/perusahaan yang peduli terhadap penanggulangan kemiskinan. Disampaikan oleh Syafa'at,SH, MHI, bahwa sebenarnya banyak perorangan, lembaga/perusahaan yang pedul terhadap penanggulangan kemiskinan, namun mereka enggan menyalurkan dananya kalau lembaga penyalur dana tersebut belum terbukti amanah. dan Alhamdulillah menurut Syafa'at, SH, MHI, lembaga yang dipimpinnya selama ini masih mampu menjaga amanah tersebut.









Kegiatan ini juga dihadiri oleh pengurus LSM dari Kecamatan Srono. menurut Slamet Santoso, warga Srono yang juga pengurus sebuah LSM menyatakan bahwa Kegiatan semacam ini sangat positiv dan dapat mengangkat citra LSM yang selama ini ada beberapa yang mensalah gunakan, sehingga LSM hanya terkesan lembaga dengan citra Negatriv. ( syaf )


   

Artikel Terkait

Home