30 April 2017

SERING DAPAT SMS PENIPUAN SEGERA LAPORKAN

SUMBERBERAS,- Sebagai pemilik ponsel, pastilah Anda sudah sering menerima berbagai pesan yang jelas terlihat merupakan penipuan.
Salah satu contoh penipuan yang kerap mampir di ponsel kita adalah dalam bentuk layanan pesan singkat alias SMS.


Macam-macam bentuknya, mulai dari pengumuman bahwa Anda memenangkan undian berhadiah yang tak pernah Anda ikuti hingga arahan untuk mengirimkan sejumlah uang kepada nomor rekening tertentu.

Untuk jenis penipuan melalui SMS yang meminta Anda mengirimkan uang dengan transfer ke rekening yang telah tertera, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menanggapinya dengan serius.

‘’Jika masyarakat menerima SMS seperti itu jangan pernah ragu untuk melaporkan kepada OJK jika menerima SMS semacam itu, caranya adalah dengan dengan memotret layar atau Scren capture SMS tersebut kemudian kirim ke OJK melalui email dengan alamat konsumen@ojk.go.id, hal serupa juga bisa dilakukan dengan menghubungi layanan konsumen OJK di nomor 1-500-655,’’ jelas Kepala Bagian Pengawasan OJK Steven Parinussa.

Ia menegaskan, meskipun masyarakat tidak pernah merasa tertipu atau tidak menanggapinya, tetap perlu dilaporkan juga, sebab setiap laporan masyarakat yang ditujukan kepada OJK soal SMS penipuan tersebut akan dapat mencegah orang lain tertipu.

‘’Kalau masih ada masyarakat menerima SMS seperti itu tolong untuk di screen capture, supaya OJK bisa kerja sama dengan pihak bank untuk memblokir sementara rekening tersebut,’’ imbaunya. (Gndl)

Artikel Terkait

Home