20 September 2013

10 Tahun...Nanti Terganti



Anak-anak adalah sosok yang menggemaskan, lucu, aneh dan kebal hukum serta banyak hal disekitar secara nyata mereka bisa lebih tahu dari kita. Sampai-sampai seorang pejabat besarpun harus menunduk hanya karena berkeinginan menyapa sang bocah, hal itupun sudah mejadi pemandangan yang biasa dan tidak apa-apa. Kalau melihat anak bisa selau ceria membuat kita lebih bahagia.

Kecerian seorang anak tidak lepas dari masalah kesehatannya. Bisa disebut sehat jika jasmani dan rohaninya tidak terganggu, dan yang secara langsung terlihat adalah kondisi kesehatan giginya karena sangat mempengarui kenyamanan dan penampilan sehingga bebas bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya. Tetapi orang tua si anak kebanyakan mengabaikannya, katanya ah..nanti juga diganti.

Jika kita berbicara tentang kesehatan gigi anak kita sebagai orang tua harus pintar dalam menjaganya. Hal itu tidak cukup hanya dengan sikat gigi teratur walau dengan cara yang benar pula (dari gusi ke gigi). Masih banyak hal yang perlu dikonsultasikan pada dokter gigi sehingga masalah kesehatan gigi bisa teratasi sebelum melanjut menjadi parah.

Masalah gigi anak yang sering timbul adalah gigi lobang dan hitam pada gigi depan atas (gigis) dan gigi belakang (geraham anak). Pada saat anak sudah kesakitan otomatis orang tua sangatlah kebingungan, sedang gigi depan atas yang hitam tersebut pada saat bermainpun tidak lepas dari ejekan teman-temannya.

Sebenarnya jika gigi anak tumbuh biasanya mulai berumur 6 bulanan, yakni dari gigi bawah depan terus atas dan melanjut secara bergantian sehingga sampai gigi geraham kanan kiri bawah atas. Hal tersebut membutuhkan waktu kurang lebih antara 9, 10, 11 bahkan sampai 12 tahun baru gigi anak bisa lengkap sudah terganti menjadi gigi dewasa semuanya, walau kira-kira ketika berumur 6 tahun gigi geraham dewasa sudah mulai tumbuh. Kenapa dengan rentan waktu sepuluh tahun bahkan lebih gigi seorang anak baru berganti lengkap menjadi gigi dewasa sang orang tua bisa berkata ah..gigi susu (gigi anak) rusak tidak masalah nantikan terganti juga menjadi gigi dewasa.


Nana Ono

Artikel Terkait

Home