11 September 2013

Berjalan Kaki ke Sekolah Membuat Anak Lebih Pintar

Banyak orang tua yang terlalu khawatir dengan kondisi anaknya saat berada di luar rumah, namanya juga orang tua, sehingga saat berangkat sekolah diantar saat berangkat dan dijemput ketika pulang, walaupun sekolahnya tidak begitu jauh atau kurang dari 1 Km. Ada baiknya kebiasaan tersebut mulai dikurangi karena memiliki dampak positif selain anak tidak manja juga bisa lebih mandiri atau lebih bisa menjaga diri. Menyuruh anak Anda berjalan kaki ke sekolah juga dapat membantu mereka menjadi lebih baik di kelas, terutama jika mereka perempuan.

Sebuah studi menyarankan bahwa kinerja kognitif murid dapat diperbaiki jika mereka berjalan ke sekolah daripada harus diantar dengan kendaraan. Dan anak perempuan lebih mungkin memperoleh manfaat dari aksi ini daripada anak laki-laki.

Penelitian baru yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine ini menemukan bahwa kinerja belajar gadis-gadis yang berjalan ke sekolah lebih baik daripada mereka yang bepergian dengan bus atau mobil.

Universitas Granada, Universitas Otonom Madrid, Universitas Zaragoza, dan Dewan Riset Nasional Spanyol di Madrid memulai proyek bersama ini dan menemukan hubungan antara aktivitas fisik dan kinerja di kelas.

Peneliti menggunakan sampel 1.700 anak laki-laki dan perempuan di lima Kota Spanyol melalui penelitian Food and Assessment of the Nutritional Status of Spain Adolescents.

Para penulis menggarisbawahi bahwa plastisitas otak berkembang paling baik dalam usia remaja. Ini periode yang tepat untuk merangsang fungsi kognitif, seperti dilansir okezone.

Artikel Terkait

Home