26 Januari 2015

Melatih Otak Tengah Dengan Bawang Merah


Bawang merah (Allium Cepa) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang jawa menyebutnya "Brambang". Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbinya, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun dan tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini di duga berasal dari Asia Tengah dan Asia Tenggara.

Otak tengah (mesencephalon/midbrain) adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relasi untuk informasi pendengaran dan penglihatan, mengontrol gerakan tubuh, dan sebagai penghubung otak kanan dan otak kiri. Otak tengah juga merupakan bagian awal dari batang otak.

Otak kanan dan otak kiri mempunyai fungsi yang berbeda. Pada otak kanan berfungsi sebagai: perkembangan emosi, kemampuan bersosiallisasi, fungsi komunikasa, perkembangan intuitif, pengendalian ekspresi, pusat khayalan dan kreatifitas, berfikir dengan memori jangka panjang. Sedangkan fungsi otak kiri adalah: perkembangan intelegensi, pusat perkembangan logika, berfikir analitik dan bertahap, berfikir dengan memori jangka pendek.

Sesi-sesi dalam proses pelatihan aktivasi otak tengah diantaranya: bisa berada dalam situasi yang nyaman dan bahagia, terdapat gerakan-gerakan sederhaha yang dapat membantu gerakan otak, pemasukan gelombang alfa dan gelombang suara dalam frekwensi khusus, senam otak, penutupan mata. Bisa merasakan sesuatu di depan kita dalam kondisi mata tertutup merupakan tanda bahwa otak tengah sudah aktif.

Layaknya sebuah proses, pelatihan aktivasi otak tengah juga mempunyai peluang mengalami sebuah kegagalan. Tanda-tanda kegagalan dalam pelatihan tersebut diantaranya: merasa tidak nyaman pada situasi sekitar, terdapat suatu tekanan pada saat pelatihan, tidak percaya diri, mengalami kebingungan dalam proses pelatihan.

Bawang merah selain sebagai bumbu dapur banyak juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Untuk mempergunakannya tentunya kita harus membersihkan bawang merah dari kulitnya. Saat proses pemisahan kulit yang kering dengan lapisan yang lebih segar kemungkinan besar akan menyebabkan ada goresan atau luka iris pada bawang merah. Pada saat itu berarti memecah sel di dalamnya yang membuat bawang melepaskan kandungan asam sulfenik. Asam ini bercampur dengan enzim dan kemudian menghasikan gas yang disebut propanethiol D-oxide. Lama- lama gas ini mencapai pada mata kita dan bercampur dengan air di dalam mata, maka terbentuklah asam sulfurik yang menyebabkan mata perih dan mengeluarkan air mata.

Pada umumnya penggunaan bawang merah sebagian besar pada kegiatan masak memasak sebagai bumbu dan penyedap sebuah masakan. Kegiatan pembersihan atau pemisahan lapisan kering dan basah dapat dicalkulasi menjadi sering, walau sebenarnya bisa dilakukan sekaligus kemudian di simpan dalam almari es.

Penggunaan bawang merah tetap tidak lepas dari luka pada bawang merah , apapun bentuknya. Proses memecah sel di dalamnya membuat bawang melepaskan kandungan asam Sulfenik sehingga bercampur enzim, menghasilkan gas propanethiol D-oxide bercampur dengan air di dalam mata, terbentuklah asam sulfurik.

Mengatasi permasalahan peristiwa pemanfaatan bawang merah apapun tujuan penggunaannya bisa dipakai untuk melatih pengaktifan otak tengah. 

Proses pengaktifan butuh latihan:
Persiapkan bawang merah dan pisau
Tutuplah mata.
Dengan penuh keyakinan mulailah mengupas bawang merah.
Buat dan rasakan sampai anda terbiasa melakukannya dalam kondisi yang tetap nyaman.
Lakukan latihan-latihan ini berulang-ulang sampai menjadi pekerjaan yang benar-benar biasa saja.

Selamat mencoba.... "mengupas bawang merah dengan mata tertutup"jika berhasil ada 2 keuntungan, pertama otak tengah menjadi terlatih aktif dan yang ke-dua jika ada pekerjaan mengupas bawang merah tidak menangis.

Nana Ono

PUSTAKA:
www.scientificamerican.com/article/what-is-the-chemical-proc/
id. tremwiki.com/ID/sulfenic_acid
www.tempo.co/read/news/2014/05/01
id.wikipedia.org/wiki/Bawang_merah
id.wikipedia.org/wiki/Otak_tengah
Ajipurnomo.wordpress.com/Keuntungan-aktivasiotak-tengah/
www.aktivasiotak.com/Cara/Melatih_otak_tengah.html
www.dogleg.jw.lt/psikologis/otak.
pengalaman sendiri.



Artikel Terkait

Home