17 Februari 2014

BKM Sumbermakmur Mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat

          Bertempat di Hotel Wijaya Inn, Kota Batu, Koordinator Manajemen Wilayah ( KMW ) PNPM Propinsi Jawa Timur mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat, dalam acara yang digelar selama dua hari ini diikuti BKM dan LKM yang ada di Kabuoaten Banyuwangi yang meliputi 45 Desa/Kelurahan yang tersebar di 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi yang mendapatkan program Program Nasional pemberdayaan Masyarakat ( PNPM ) Mandiri Perkotaan. Lima Kecamatan tersebut adalah : Muncar, Genteng, Banyuwangi, Kalibaru dan Licin.
          Pelatihan yang dibagi dalam Tiga kegiatan tersebut masing masing untuk Pimpinan Kolektif Badan Keswadayaan Masyarakat ( PK-BKM ), Unit Pengelola Lingkungan ( UPL ) yang menangani program Infrastrukture dan Unit Pengelola Keuangan ( UPK ) yang menangani dana perguliran ( pinjaman ) yang dikelola BKM. Dalam kesempatan tersebut nara sumber yang berkompeten dibidangnya memberikan materi sesuai dengan kapasitas dari audiens, sehingga diharapkan peleksana kegiatan PNPM mandiri Perkotaan akan semakin mampu untuk mengelola dana PNPM secara lebih baik.
          Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan oleh KMW PNPM Propinsi Jawa timur bahwa program PNPM akan berahir pada tahun 2014, dan doharapkan dengan berahirnya program ini, BKM dan LKM akan benar benar mandiri dalam pelaksanaan program kegiatan dari dana CSR dan swadaya masyarakat, meskipun demikian, diakui bahwa program pembangunan melalui PNPM adalah program dengan tingkat korupsi dan kebocoran paling kecil dibandingkan dengan program program lainnya, hal ini mengingat program PNPM dilaksanakan langsung kedalam rekening kelompok masyarakat.
         Pada kegiatan yang dilaksanakan dengan anggaran dari Bantuan Langsung Masyarakat ( BLM ) tahun 2013 ini BKM Sumbermakmur diwakili oleh Syafa'at, SH, MHI dan eeng Diah Saputra, S.Pd mewakili PK-BKM, Eko Nurhiidayat, SH mewakili UPK serta Hadi Purwanto mewakili UPL. (saf)

Artikel Terkait

Home