11 Februari 2014

Peningkatan Pendapatan Keluarga Dengan Pelatihan pembuatan Kue BKM Sumbermakmur




Perempuan tidak dapat dilepaskan dari masak memasak, disamping kewajiban sebagai seorang istri, hoby memasak juga dapat menghasilan pendapatan yang tidak kalah dengan profesi lainnya, hal ini dapat dilakukan jika dalam memasak tersebut dilakukan dengan cara yang professional, dan hasil masalah dapat dihidangkan dengan cara yang sangat menarik, sehingga dapat menambah nilai jual dari masakah.

Berangkat dari hal tersebut, BKM Sumbermakmur Desa Sumberberas Kecamatan Muncar melalui Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) Amanah melakukan kegiatan pelatihan pembuatan kue basah yang khusus diperuntukkan bagi kaum perempuan, hal ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kwalitas kue yang biasa dibuat oleh Ibu ibu, sehingga kue yang dihasilkan bukan sekedar untuk konsumsi pribadi, namun juga layak jual. Hal ini dikarenakan apabila ada acara acara pertemuan yang mendatangkan tamu di tingkat Kabupaten, sering Pemerintah Desa membeli Kue dari luar desa.

Dalam pelatihan ini yang dilakukan bukan sekedar pembuatan kue, namun juga pengemasan kue kue sehingga kemasan kue akan lebih menarik untuk dihidangkan, walaupun harga kue tersebut bukan kue yang mahal.



Menurut Koordinator BKM Sumbermakmur Desa Sumberberas SYAFA’AT, SH, MHI, Keberhasilan pelatihan ini Nampak dengan beberapa rapat rapat yang mendatangkan banyak peserta yang dilakukan beberapa lembaga, baik diwilayah desa Sumberberas maupun diluar Desa Sumberberas yang pesan Kue Kotak pada KSM ini, dan ini sangat membanggakan karena hasil dari pelatihan pembuatan kue ini dapat meningkatkan kwalitas dan daya saing kelompok, beberapa kegiatan yang telah memesan kue dari KSM Binaan BKM Sumbermakmur adalah :
Kemasan Kue dengan  cara yang professional, dan hasil masalah dapat dihidangkan dengan cara yang sangat menarik, sehingga dapat menambah nilai jual dari masakah.
            
Dalam pelatihan ini yang dilakukan bukan sekedar pembuatan kue, namun juga pengemasan kue kue sehingga kemasan kue akan lebih menarik untuk dihidangkan, walaupun harga kue tersebut bukan kue yang mahal.

 1.      Kegiatan pertemuan dan rapat rapat yang dilakukan dibalai Desa Sumberberas, seperti RWT BKM Sumbermakmur dan Musrenbangdes Integrasi




Penyuluhan kesehatan reproduksi fatayat se KecamatanMuncar di Gedung NU Kecamatan Muncar.


Saat ini KSM binaan BKM Sumbermakmur bukan hanya melayani pesanan kue kotaan saja, namun juga melayani nasi kotak untuk kegiatan pertemuan dengan harga bersaing dan mutu yang terjaga.



Artikel Terkait

Home