29 Agustus 2016

Ketentuan Keindahan Merangkai Buah Dan Sayur



Buah dan sayur. Merangkai buah dan sayur dalam menerapkan seni keindahannya sebaiknya memenuhi ketentuan standar yang baku. Bagi pemula biasanya kebingungan apa yang harus dilakukan untuk persiapan. 

Awal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat-alat. Dalam merangkai buah membutuhkan alat bantu seperti cutter, berbagai macam pisau (tajam, bergerigi), kertas, lem, kayu, kawat dan benda lainya yang mungkin dibutuhkan sesuai macam buah dan sayur yang ada, baru menentukan keinginan serta tema. Ingin merangkai satu macam buah/sayur atau kombinasi berbagai macam. Yang sering di buat hanya semacam biasanya dari buah atau sayur yang ukurannya besar. Misalnya: semangka, labu, pepaya dan lain-lain. Jika satu macam, kebanyakan penekanan pada seni ukir seperti melukis dan memahat membuat suatu bentuk. 

Untuk kombinasi, kita lebih bebas dalam memilih dan menata rangkaian. Tetapi terkadang terjebak yang dapat menyebabkan kebingungan oleh karna terlalu banyak macam buah dan sayur yang telah dikumpulkan. Meskipun begitu hasil rangkaian bisa pula bertema seperti sebuah lukisan laksana cat yang digores di atas kertas kanvas.

Perhatikan dan sesuaikan dengan peristiwa yang sedang berkaitan, misalnya berkenaan dengan hari Kemerdekaan temanya merah putih, hari Ibu temanya kasih sayang ibu dan anak, tema hari Lingkungan cenderung hijau, hari Kesehatan ya... yang berhubungan dengan hal tersebut.

Meskipun tujuan utama adalah keindahan, tapi tetap harus mengingat bahwa buah dan sayur adalah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketentuan yang baku dalam merangkainya harus tetap menjadi rumus yakni tetap harus dapat memenuhi nilai gizi seimbang, bersih dan indah.

Dalam sebuah perlombaan...penentuan penilaian diutamakan pada buah dan sayur yang mudah didapatkan dan tidak layu hingga saat penilaian (awet indah) serta merupakan produk lokal, bukan impor.

(Nana Ono)


Artikel Terkait

Home