24 Desember 2012

Liburan Ketapang Macet

Kilas Sumberayu- Empat hari terakhir antrean kendaraan masih mengular di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Hingga Senin (24/12/2012) pagi tadi antrean terjadi hingga di luar area pelabuhan.

Panjang antrean dari arah Situbondo (utara) mengarah ke Kota Banyuwangi (selatan) kurang lebih 3 kilometer. Macet mulai dari timbangan hingga ke dalam pelabuhan. Antrian kendaraan ini didominasi kendaraan pengangkut barang, sperti truk gandeng dan trailer.

Sebagian besar lainnya mobil pribadi. Semuanya harus menunggu berjam-jam masuk ke kapal untuk menyeberang ke Gilimanuk, Bali.

Penyebab antrean ini disebabkan berkurangnya dermaga yang berfungsi. Dermaga truk LCT hanya beroperasi dua. Sedangkan satu dermaga lainnya dalam perawatan. Sementara di LCM yang beroperasi maksimal dua dermaga. Kemacetan yang terjadi di sekitar Pelabuhan Ketapan Banyuwangi, konon lantaran adanya perbaikan salah satu dermaga di pelabuhan setempat. Saat bersamaan jumlah penyeberang meningkat drastis karena libur panjang.

Selain itu musim liburan sekolah bertepatan dengan libur Natal dan tahun baru menimbulkan peningkatan jumlah penumpang. Pihak ASDP Ketapang sendiri sebenarnya sudah mengantisipasinya dengan mengoperasikan 37 unit kapal. Namun hal itu menjadi tidak maksimal dengan kondisi dermaga yang ada.

"Saya sejak jam tiga subuh antre," kata Sulaiman, sopir truk asal Surabaya.

Artikel Terkait

Home