20 Mei 2013

BERSAHABAT DENGAN SAMPAH (MEMBUAT MOL)

PENGERTIAN SAMPAH 

Bagi pembaca sudah tidak asing lagi dengan istilah sampah, pengertian sampah itu sendiri adalah material sisa  yang tidak di inginkan dari suatu proses. sampah merupakan konsep buatan manusia sedangkan di alam tidak ada istilah sampah. sampah itu sendiri berada pada setiap fase materi : padat, cair maupun gas. sampah dalam skala besar atau dalam skala industri bisa di sebut dengan limbah. 

JENIS-JENIS SAMPAH 

Berdasarkan Sumbernya
1. Sampah Alam
2. Sampah Manusia
3. Sampah Kosumsi
4. Sampah Nuklir
5. Sampah Industri
6. Sampah Pertambangan

Berdasarkan Sifatnya
1. Sampah Organik (dapat diurai)
2. Sampah Anorganik (tidak dapat diurai)

MEMANFAATKAN SAMPAH DI SEKITAR KITA

tidak dipungkiri rasa jijik terkadang menghantui kita tak kala mengolah sampah dan akhirnya enggan bersentuhan dengan sampah. kalau pembaca pengen memanfaatkan sampah hingga punya nilai lebih buanglah jauh-jauh rasa jijik itu. ya namanya sampah, kalau tidak menjijikan namanya bukan sampah. hehehe. yang paling sederhana adalah pemanfaatan nasi basi selain dijemur untuk pakan ternak ternyata nasi basi bisa dibuat MOL (Mikro Organisme Lokal). pasti pembaca bertanya-tanya apa itu MOL. nanti saya terangkan pengertian MOL dan cara pembuatannya. langsung saja lah biar gak tambah penasaran. 


PENGERTIAN MOL

Mikro organisme lokal (MOL) adalah mikro organisme yang dimanfaatkan sebagai stater dalam pembuatan pupuk organik padat maupun pupuk cair. Bahan utama MOL terdiri dari beberapa komponen yaitu karbohidrat, glukosa dan sumber mikroorganism. Bahan dasar untuk fermentasi larutan MOL dapat berasal dari hasil pertanian, perkebunan, maupun limbah organik rumah tangga. (Hadinata, 2008). 

CARA MEMBUAT MOL 
bahan-bahan 

  • Nasi basi secukupnya (kira-kira aja deh hihihihi) 
  • Gula 4 sendok makan 
  • Wadah 

cara membuat 

  • ambil nasi yang sudah basi secukupnya lalu letakkan dalam wadah dan biarkan nasi itu muncul jamur    berwarna orange. kalau bisa nasi ditempatkan di tempat terbuka dan lembab. saya biasah taruh di samping kran pinggir sumur. 
contoh nasi berjamu 

  • campurkan dengan laurutan gula.  ya namanya mikro organisme pasti membutuhkan makanan untuk perkembangbiakannya. maka kali ini kita tambahkan larutan gula sebanyak 4 sendok makan ke dalam air 1 liter. setelah itu masukan larutan gula itu ke dalam wadah yang berisi nasi yang telah jamuran. aduk hingga rata kalau perlu diremas-remas sampai nasinya hancur. agar tangan tetap bersih saya sarankan memakai sarung tangan. 
nasi yang berjamur setelah di tambah larutan gula  

  • Diamkan sampai berbau tape. campuran nasi berjamur dan larutan gula tersebut di diamkan selama seminggu atau lebih hingga larutan tersebut bau seperti tape. kalau larutan sudah berbau seperti tape tandanya larutan sudah jadi dan siap untuk di panen dan dipakai. 
MOL siap panen tandanya berbau tape 
  • pemakaian dan penyimpanan. agar mudah menggunakanya saya masukan dalam galon yang sudah tak terpakai. jadi deh siap pakai kalu mau di siramkan kemedia. oooiya.. bisa juga di simpan di botol air mineral. kalau menyimpan MOL saya sarankan tutup botolnya di kasih lubang, biar botol tidak meledak.  
MOL siap di gunakan




CARA PEMAKAIAN
Untuk pemakaian sebagai stater kompos larutan MOL harus di encerkan dulu dengan perbandingan 1:5 (1 liter MOL di tambah 5 liter air). sedangkan untuk pupuk cair harus di encerkan dengan perbandingan 1:20  (1 liter MOL di tambah 20 liter air). kenapa  harus di encerkan biar larutan MOL tidak pekat sehingga akan merusak media. untuk penyiraman pada tanaman bisa langsung di siramkan ketanaman dengan jarak penyiramnan berikutnya 4-7 hari. 


CARA MEMPERBANYAK MOL
Dari pada membuat MOL berulang-ulang lebih baik memperbanyaknya alias memternakannya. caranya bagi dua MOL ke dalam 2 wadah. misalnya jika kita punya 1 botol MOL. bagi dua ke botol kedua, separuh-separuh. lalu tambahkan air sampai hampir penuh. masukan gula pasir kira2 dua sendok perbotol. beberapa hari kemudia akan terliah larutan MOL di dalam botol menjadi lebih pekat. itu tandanya MOL sudah beranak pinak (hihihihih kayak ayam aja beranak pinak). lakukan cara yang sama untuk membuat MOL di botol-botol berikunya. 


Selesai. Mudah, kan? Sampah di rumah kita jadi bisa lebih bermanfaat ketimbang mengotori sekitar. Sebaiknya memang jangan membuang-buang nasi juga. Nasi sisa jika memang benar-benar bersisa saja untuk kasus tertentu. Ohya, bagi anda yang memegang mazhab “penjijik” alias ga suka yang jijik-jijik, MOL ini berarti ga cocok buat anda


BERSAMBUNG 

Artikel Terkait

Home