26 Desember 2015

Ilmu Alam di Mata yang Lain.

Setiap apapun yang terjadi di alam semesta ini, pasti ada manfaat dan hikmahnya. Walaupun hanya kejadian kejadian kecil yang setiap hari kita lakukan. Seperti berjalan, berbicara, kerja, dan lain sebagainya. Dari sudut pandang ini pekerjaan atau kegiatan yang kita lakukan setiap hari itu biasa saja. Tapi tahukah anda bahwa dari sudut pandang yang lain, kita dapat memaknai suatu kegiatan yang kelihatannya sepele, ternyata menyimpan banyak ilmu ilmu Alam.

Suatu contoh kita minum air. Ketika kita minum air kita pasti memakai gelas ( wadah untuk tempat air).  Dari kejadian kecil ini saja. Kita dapat mengetahui bahwa manusia membutuhkan alat untuk memenuhi kebutuhannya. Sebenarnya kan kita cuma butuh air, kenapa harus memakai gelas?.  Alasannya adalah fisik / raga kita tidak mampu meminum air, dimana air itu tidak bertempat. Raga, fisik/ jasad membutuhkan alat / perantara untuk memenuhi kebutuhannya.

Kita kaitkan contoh diatas dengan ibadah. Suatu ibadah jikalau tidak ada isinya/ intinya, bagaikan gelas tanpa air, bisakah gelas tanpa air menghapuskan dahaga?.  Bila tau / mengerti inti dari pada ibadah tapi tak mau menjalankan ibadah itu sendiri, bagai air yang tidak mempunyai tempat, akhirnya luber kemana mana. Bahkan bisa membahayakan bagi orang lain. Itulah sedikit ilmu Alam yang kadang kadang kita biasa melakukannya, tapi tak pernah melihat dari sisi lain. Sedangkan disisi yang lain Itulah banyak tersimpan ilmu yang ri'il, nyata dan pasti.


Artikel Terkait

Home