17 April 2014

Pelatihan Pembuatan Sandal di Gedung BKM Sumbermakmur

Kilas Sumberayu- Sebagai Dampak penutupan Industri Rokok yang ada di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar, dengan mengingat penutupan pabrik rokok tersebut berakibat hilangnya pekerjaan bagi karyawan yang pernah bekerja di tempat tersebut, pada tanggal 17 April 2014 sampai dengan 21 April 2014 diadakan pelatihan pembuatan sandal dengan mendatangkan pelatih yang sudah berpengalaman dari Kota Mojokerto.
Pelatihan yang diikuti 20 orang ini bukan hanya diikuti oleh bekas karyawan pabrik rokok saja, namun juga diikuti pemuda yang berkeinginan untuk maju yang ada diwilayah Desa Sumberberas.

Pelatihan yang dilaksanakan atas dana yang dikelola Dinas Perindagkop Kabupaten Banyuwangi ini diharapkan menjadi pemacu Industri kecil yang ada diwilayah Desa Sumberberas. Kepala Desa Sumberberas kepala desa Sumberberas Sri Purnanik menyambut baik adanya pelatihan pelatihan kecakapan hidup yang dilaksanakan untuk warga Desa Sumberberas, dan mengharapkan tindak lanjut dari pelatihan ini dapat dikembangkan sendiri oleh peserta.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari berturut turut, pembukaan dan pelatihan hari pertama dilaksanakan di Balai Desa Sumberberas, untuk hari kedua sampai hari keempat dilaksanakan di gedung pertemuan BKM Sumbermakmur.


Sementara itu koordinator BKM Sumbermakmur Syafa'at, SH, MHI menyatakan bahwa BKM Sumbermakmur bersedia untuk mendampingi para peserta pasca pelatihan, dan bersedia memfasilitasi para peserta untuk mendapatkan pinjaman modal dari dana PNPM yang dikelola oleh UPK BKM Sumbermakmur.

Pelatihan yang dilakukan untuk masyarakat Desa Sumberberas sebagai upaya penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja ini adalah kali kedua dilaksanakan, setelah sebulan yang lalu juga dilaksanakan kegiatan pelatihan khusus bagi bekas karyawan Pabrik rokok yang berjumlah 50 orang dengan diadakan pelatihan pembuatan manin manik yang dilaksanakan di Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi.



Artikel Terkait

Home