18 Desember 2010

Gedung Sasana Budaya dan Budayanya

Sidomulyo- Sasana Budaya adalah tempat mengekpresikan budaya yang ada, dari alasan itu maka didirikan Gedung Sasana Budaya meski dulu tidak murni mendirikan gedung baru sebagai gedung sasana budaya namun maksud dan tujuannya sebenarnya baik, yaitu untuk melestarikan budaya.
Gedung Sasana Budaya terletak berdampingan dengan pasar hewan dan pemukiman penduduk di desa Sumberberas, dan sekarang berfungsi sebagai tempat parkir pengunjung pasar hewan yang ramainya hanya pada hari Senin saja.
Dulu ada perkumpulan yang bernama Pemuda Pecinta Budaya, perkumpulan ini beranggotakan tokoh dari bermacam-macam jenis budaya dari yang tradisional sampai modern dan mereka mencoba memfungsikan gedung sesuai dengan namanya.
Namun karena para dedengkotnya kemudian berpisah tempat dan pekerjaan akhirnya perkumpulan itu lenyap perlahan-lahan dan gedungpun beralih fungsi menjadi tempat parkir serta terbengkalai dan tidak terawat.
Sungguh disayangkan nasib Gedung Sasana Budaya Desa Sumberberas menjadi Gedung Sasana Parkir Pasar Hewan, itulah metamorfosa budaya yang ada dan memang ada di Sumberberas.

Artikel Terkait

Home