21 Desember 2010

Petik Laut Muncar

Muncar- Sembulungan merupakan cetral dalam acara petik laut dimuncar, yang slalu diadakan pada tanggal 15 Sura, dalam acara tersebut juga memberikan beberapa sesaji yang nantinya akan dilarung ditenggah laut yang dipersembahkan untuk pengguasanya yaitu SYEH BAGINDO ILYAS juru kunci segoro KAKI BARUNO dan NYAI BARUNO dan pengangon ikannya NYAI DADUNG. Dalam acara ini memiiki beberapa tujuan yaitu memohon berkah keselamatan dan ucapansyukur atas kekayaan alam yang ada.

Dibalik keperkasaan sembulungan, sembulungan masih memiliki fungsi yang nyata bagi masyarakat muncar dan sekitarnya, diantaranya sebagai sarana dan prasarana acara petik laut. Dan karena tanahnya yang subur, sembulungan juga digunakan sebagai lahan perkebunan seperti bertanam jagung, kacang dll. Hingga Sekarang sembulungan masih menyimpan kekayaan flora danfauna yang hampir punah seperti harimau, banteng, ular, kera dll.
Dahulu pembuka pertama kali daerah tanjung sembulungan yaitu sayid yusuf, yang kini makamnya banyak disekar oleh masyarakat.

Begitu banyak hal yang belum kita ketahuni mengenai tanjung sembulungan. Maka dari itu mari kita bersama2 melestarikan peninggalan alam yang kita miliki dan biarkan mereka berdiri kokoh menjadi saksi bisu dunia tanpa tangan–tangan kita yang menghapusnya.


Artikel Terkait

Home