13 Januari 2013

Grajagan Banjir


Cuaca buruk berdampak di pesisir Pantai Grajagan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Pemukiman nelayan setempat direndam banjir rob. Bahkan air laut pasang ini menghanyutkan perahu-perahu nelayan setempat.

Menurut warga setemapt, banjir rob ini mulai masuk ke pemukiman sekitar pukul 22.30 WIB, Sabtu (12/1/2013). Dan perlahan mulai menggenang hingga sejauh 200 meter dari bibir pantai. Bahkan air laut mendekati jalan aspal.

Ketinggian air rata-rata selutut orang dewasa. Namun ketinggian air jauh lebih dalam di pemukiman yang berdekatan dengan bibir pantai. Kedalamannya mencapai satu meter.

Banjir rob ini tidak hanya merendam puluhan rumah. Namun dilaporkan juga banyak perahu nelayan yang hilang karena hanyut dibawa air. Sebagian lagi hilang karena tenggelam.

"Banyak perahu jukung hilang dan tenggelam. Warga masih sibuk mencarinya," kata Supar saat mengkonfirmasi, Minggu (13/1/2013).

Selain itu warga juga sibuk mengungsikan perabot rumah masing-masing. Hingga pukul 23.00 Wib air dilaporkan masih menggenangi pemukiman eski ketinggian air mulai surut. Namun warga tetap siaga dan berjaga-jaga kemungkinan air laut akan naik lagi.

Artikel Terkait

Home