24 Januari 2013

Gunung Raung Kembali Bergolak



Kilas Sumberayu- Gunung Raung kembali bergolak siang tadi sekitar pukul 14.45. Informasi tersebut disampaikan Kepala PPGA (Pusat Pengamatan Gunung Api) Raung, Balok melalui Wiyono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banyuwangi. Bahkan getarannya sampai menggetarkan kaca kantor PPGA dan  terasa sampai ke wilayah Jampit (perkebunan di sekitar Gunung Ijen).
Selain itu, juga terdengar suara gemuruh seismik dan 20 kali gempa tremor, dengan diiringi hujan sedang. Namun dari kejauhan terpantau visualisasi  Gunung Raung terlihat jelas dan terdapat kabut asap putih pada puncaknya.

Sejauh ini Wiyono yang ditemui di kantornya memastikan Gunung Raung masih relatif aman dengan status tetap siaga level III. “Selama belum ada komando dari pemkab berdasarkan laporan PVMBG (), kami harapkan masyarakat tetap tenang,” ujar Wiyono yang memastikan pihaknya selalu siap 24 jam memantau kondisi gunung terbesar di Jawa itu. Termasuk “Paling tidak masyarakat merasa lebih aman karena pemkab memperhatikan mereka, dan masyarakat harus yakin bahwa pemkab senantiasa berada di tengah-tengah mereka,”tutur Wiyono. Wiyono juga memberikan himbauan untuk masyarakat agar lebih mangaktifkan semangat kegotongroyongan dan kesiapsiagaan di pos-pos ronda malam.

Artikel Terkait

Home