05 Januari 2013

Pijar Api di Puncak Gunung Raung



Aktifitas Gunung Raung di Banyuwangi beberapa hari terakhir dilaporkan kembali meningkat. Suara gemuruh, kerap terdengar oleh warga. Bahkan malam ini nampak fenomena sinar api dari dalam kaldera gunung setinggi 3.332 mdpl.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Raung, Balok Suryadi menjelaskan, sinar api mulai terpantau sekitar pukul 17.00 Wib, sore tadi. Hingga pukul 22.51 Wib malam ini, sinar api masih nampak jelas. Sinar api terlihat berwarna merah menyala.

"Bukan pijar lava tapi sinar api yang berasal dari lava yang ada didalam kaldera," kata Balok, Jumat (4/1/2013) malam, seperti dikutip dari surabaya.detik.com

Selain itu, sekitar pukul 16.22 Wib sore tadi terdengar suara dentuman keras satu kali dari arah Gunung Raung. Aktifitas vulkanik lainnya yang terekam, tremor terus menerus berlangsung dengan amplitudo dominan 8 mm. Dan suara gemuruh yang nyaris tiap hari terdengar sejak 27 Desember 2012, lalu.

Meski begitu, Balok menegaskan jika kecil kemungkinan lava akan keluar ke bibir kawah. Dikarenakan kaldera gunung yang mempunyai nama lain yakni, gunung Rawon itu sangat dalam.

Masyarakat dihimbau agar tidak panik serta tetap tenang. Atau tidak mudah terpancing isu yang tidak bertanggung jawab.

"Kita imbau masyarakat agar tidak panik dan hanya percaya informasi yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanalogi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) atau pihak yang berkompeten lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, sejumlah relawan tanggap bencana sudah bersiaga di Pos Pantau Gunung Api Raung di Desa Sumberarum Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Mereka berasal dari Banyuwangi SAR Independen serta petugas BPBD Banyuwangi.

Artikel Terkait

Home