21 Mei 2015

Emas Patih Gajah Mada Di Polsek Siliragung


Siliragung adalah sebuah kecamatan wilayah kabupaten Banyuwangi bagian selatan. Daerah paling dekat dengan Siliragung adalah kecamatan Pesanggaran. Wisata Banyuwangi yang cukup menggelitik serta selalu menggoda saat ini bagi pengunjung domestik  atau mancanegara, daerah tersebut merembet yang bikin penasaran dengan Pulau Merah, Teluk Hijau, Sukomade dan Rowo Biru yang merupakan daerah indah di pucuk Banyuwangi.


Selain tempat wisata sekitar daerah di sana ada penghasil emas yang tidak kalah terkenal dengan daerah-daerah wisata, yaitu Tumpang Pitu. Penghasil emas yang masih berlajut dan sekarang di pegang oleh perusahaan BSI(Bumi Sukses Indomandiri). Karyawan perusahaan tersebut sebagian besar juga sudah mengikuti program pemerintah (BPJS/JKN: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial/Jaminan Kesehatan Nasional).

Untuk berkunjung ke Banyuwangi ada dua jalur yang bisa dilewati. Lintas Selatan dan lintas Utara. Bagian Utara bisa melewati Watudodol yang sebelumnya daerah Paeton. Sebelah Selatan bisa lewat daerah Jember hingga melalui Gunung Gumitir yang berliku-liku. Kedua jalur tersebut bisa berujung sampai kota Jajag, yang merupakan pintu masuk awal menuju Siliragung. Untuk ke Siliragung pun ada beberapa jalur juga, diantaranya: Sukorejo, Gemenggeng dan Seneporejo. ketiga jalur tersebut berujung di Bok Putih yang sudah masuk wilayah Siliragung.

Kecamatan Siliragung terbagi menjadi 5 desa, yaitu: Barurejo, Kesilir, Seneporejo, Buluagung dan Siliragung. Daerah wisata wilayah Siliragung hanya ada satu, yaitu Rowo Biru. Kantor kecamatan Siliragung, kantor desa Siliragung, kantor Pos Siliragung dan Polsek Siliragung berdekatan. Polsek ada di sebelah selatan kantor kecamatan. Polsek Siliragung tepatnya berada di Jalan raya Bhayangkara no 26 Siliragunng kode pos 68488 Siliraagung Banyuwangi Jawa Timur. Kapolseknya yang sekarang adalah Bapak Bakin.

Polsek Siliragung bangunannya berbentuk unik dan etnik yang merupakan tinggalan pada jaman Belanda. Bangunannya melayang seperti bertingkat tidak terlalu tinggi, kira-kira 0.5 meter dari tanah. Di halaman polsek Siliragung ada patung Gajah Mada yang lengkap dengan baju kebesarannya. Dan tahun 2014 kemarin berubah warna emas oleh karna dicat baru berwarna emas yang sebelumnya seperti gambar di bawah...

(Nana Ono )

Artikel Terkait

Home